7 Juli 2022 11:24 am

MENGENAL KOPI SPESIALTI / SPECIALTY COFFEE (PUNTANG)

Meminum Kopi bagi sebagian orang sudah menjadi ritual yang tidak boleh dilewatkan. ada yang beranggapan bahwa kopi apapun menemani mereka, ada pula yang beranggapan bahwa mereka hanya bisa ditemani dan menikmati kopi spesialti saja. lalu apa yang disebut dengan kopi spesialti itu?

Kopi Spesialti atau specialty coffee ada kopi yang memiliki kualitas baik. untuk kualitas ini sendiri bukan dinilai berdasarkan komentar penggemar kopi biasa, tapi berdasarkan penilaian Q Grader yang sudah bersertifikat. Kopi ini diproses secara khusus dengan standar yang khusus pula, dimulai dari saat kopi itu ditanam sampai disajikan dalam cangkir. Q Grader sendiri merupakan profesi yang didapat dengan melewati beberapa tahapan tes dan uji kelayakan sehingga seseorang berhak mendapatkan titel atau gelar Q Grader.

Adapun syarat sebuah kopi bisa dikategorikan menjadi grade kopi spesialti adalah sebagai berikut :

1. Petik merah.
Petik merah menjadi syarat mutlak saat memanen kopi yang akan dijadikan kopi spesialti. kemudian kopi petik merah ini akan diproses selanjutnya menjadi green bean.

2. Total Defect <4%.
Biji kopi bisa disebut sebagai kopi spesialti jika memiliki defect atau biji yang rusak tidak lebih dari 4%. artinya dalam 1kg green bean kopi specialty, tidak boleh lebih dari 40gr kopi defectnya.

3. Memiliki skor Cupping tes >80.
maka dari itu, kopi spesialti memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biji kopi kualitas lain. karena memang rasa dan kualitasnya sesuai dengan harga yang dikeluarkan.

jika melihat syarat mengenai kopi Specialty Grade di atas, itu berarti kita bicara tentang kualitas kopi terbaik. . mulai dari proses penanaman, perawatan kebun, pemetikan, penyangraian sampai penyeduhannya.

Puntang Coffee Sendiri mengolah dan memproses kopi dengan standar grade kopi specialty untuk memenuhi kebutuhan para penikmat kopi Specialty yang ada di Indonesia maupun mancanegara. kami menyediakan berbagai macam kopi specialty dari Gunung Puntang Jawa Barat dengan berbagai macam variant proses pasca panen atau penjemuran seperti natural, honey dan washed.

Tersedia kopi arabika single varietas dan juga mix / multiple varietas (Typica, Linie S, Catimor) dalam bentuk biji/roasted bean atau bubuk/powder coffee siap seduh mulai dari kemasan 100gr, 200gr, 250gr, 500gr dan 1Kg.

dapatkan PROMO menarik saat anda berbelanja kopi di www.kopipuntang.com




Single Varietas (Sunda Typica)

Mix Varietas (Typica, Linie S, Catimor)





Blog Post Lainnya
Social Media
PAYMENT CHANNEL
DELIVERY SERVICE
Alamat
0852-9541-7133
0852-9541-7133
puntangcoffee8@gmail.com
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 Puntang Coffee Inc.